Batuk

Batuk merupakan suatu refleks yang alamaiah. ternyata batuk itu merupakan cara untuk melindungi paru-paru dari zat-zat yang mengganggu.

Apa sih yg menyebabkan batuk?

Batuk merupakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas akibat virus, yakni infeksi pada hidung, sinus, dan saluran-saluran udara anda. Salesma dan influenza merupakan contoh yang umum. Batuk juga dapat timbul akibat iritasi tenggorokan karena keluarnya lendir ke bagaian belakang tenggorokan . Batuk dimulai ketika suatu zat pengganggu mencapai salah satu reseptor di hidung, tenggorokan atau dada. Reseptor itu menyampaikan pesan ke pusat batuk di otak anda, yang membawa sinyal supaya tubuh batuk. setelah anda menghirup udara epiglotis dan pita suara anda akan menutup rapat-rapat, sehingga udara dalam paru-paru terjebak. Otot perut dan dada anda akan berkontraksi dengan kuat. Pada akhirnya epiglotis dan pita suara anda membuka tiba-tiba , sehingga udara yang terjebak itu meledak keluar.

Kamu bisa melakukan perawatan sendiri dengan cara:

  • Minum banyak, cairan yang banyak akan menolong membersihkan tenggorokan, minumlah air putih atau sari buah jangan minum minuman yang mengandung soda dan kafein
  • Gunakan alat pelembab udara, udara di rumah bisa menjadi sangat kering terutama selama musim dingin. Udara dingin akan mengiritasi tenggorokan bila kamu sedang salesma. Menggunakan alat pelembab udara akan mempermudah pernapasan.
  • Madu, permen atau tablet isap pelega tenggorokan dapat menolong meringankan iritasi tenggorokan ringan dan dapat membantu mencegah batuk jika tenggorokan anda kering atau pedih.
  • Coba obat-obat ekspektoran, yakni obat-obat yang dapat membantu membersihkan lendir. Zat ekspektoran dapat meningkatkan aliran cairan normal pada tenggorokan .
  • Coba obat penekan batuk yang tersedia dalam bentuk cair atau padat, obat-obat semacam ini bisa mempengaruhi refleks batuk anda.
  • Pergilah ke dokter merupakan jalan terakhir apabila batuk anda berlangsung lebih dari 2 atau 3 minggu, batuk disertai demam, nafas makin pendek, atau dahak bercampur darah.

http://kliniku.wordpress.com/2007/12/12/batuk/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Terbaru dari Pinginsehat.Info

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Top Movies

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • %d bloggers like this: