Tips Mengatasi Kulit Kering

Kamis, 24 Agustus 2006 16:44

KapanLagi.com – Seringkali sebagian dari kita mengalami kulit yang terasa kering dan ketat. Keadaan seperti ini biasanya terjadi saat pergantian musim kemarau ke musim hujan, dimana cuaca tak menentu dan membuat kulitpun jadi tak nyaman. Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari atau mengurangi kekeringan pada kulit dengan perawatan yang tepat.

Kulit kering biasanya disebabkan oleh banyak faktor, terlalu sering mandi dan menggosokan sabun batang langsung ke kulit bisa juga jadi penyebabnya. Kulit kering dapat dilihat dengan napaknya permukaan yang pecah-pecah dan kasar. Kulit kering biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada kulit bukan minyak. Yang dimaksudkan cairan untuk melembabkan terjebak air dalam kulit dan membuat permukaan kulit jadi nampak ketat atau bersisik. Berikut beberapa langkah untuk merawat kulit agar tak mengalami kekeringan.

– Jangan merendam tubuh di air terlalu lama dan lebih baik gunakan air hangat dari pada yang dingin atau panas untuk mandi.

Jangan sering-sering membasuh wajah. Untuk kulit yang amat kering, lebih baik jika Anda membasuh wajah dengan sabun pembersih hanya sekali sehari, lebih baik pada malam hari. Di pagi hari basuh wajah dan tubuh Anda dengan air dingin, setelah itu gunakan pelembab. Basuh busa sabun yang tersisa di kulit hingga bersih. Lapisan yang ditinggalkan sabun di kulit dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Hindari mandi berkali-kali dalam sehari. Beberapa ahli menyarankan untuk mandi sehari dua kali saja. Pilih sabun dengan formula yang lembut.

– Untuk menghindari dehidrasi yang menyebabkan kulit nampak kering dan keriput, alangkah baiknya jika Anda minum air banyak-banyak serta mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

– Hindari terlalu banyak terpapar AC dan sinar matahari.

– Gunakan sarung tangan atau pelindung tangan lain jika bersentuhan langsung dengan detergen.

– Olahraga cukup dapat membantu mengatasi kekeringan kulit, dengan menambah aliran darah dan dengan demikian dapat mensuplai intisari nutrisi ke kulit.

– Tak peduli apapun jenis kulit Anda, pelembab yang bagus sangat bermanfaat. Jika kulit terasa ketat, itu berarti membutuhkan pelembab. Namun, sebaiknya pilih pelembab yang bagus, karena salah memilih pelembab bisa-bisa malah menyumbat pori-pori dan membuat kulit nampak kusam. Pelembab yang bagus tak meninggalkan rasa berminyak setelah dioleskan di kulit.

Demikian beberapa tips yang kami berikan untuk mengatasi kulit kering. Yang terpenting jangan terlalu lama berendam di kamar mandi, gunakan air hangat saat membasuh sisa sabun di kulit, minum air putih yang banyak dan lakukan olahraga secara teratur. Selamat mencoba! (erl)
http://www.kapanlagi.com/a/0000003557.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Terbaru dari Pinginsehat.Info

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Top Movies

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • %d bloggers like this: