HFS, Tak Ada Obatnya, Bisa Disembuh

Gejalanya Kedutan hingga Wajah Perot

Penderita hemifacial spasm (HFS), seperti namanya, sering bermasalah dengan wajahnya. Masalah itu merentang dari kedutan hingga wajah tampak mencong. Namun, penderita HFS bisa hidup normal. Operasi bisa mengatasi gangguan yang biasa dialami pasien. 

Menurut dr Sofyanto SpBS, spesialis bedah saraf RS Spesialis Husada Utama, spasm bukanlah penyakit. Tak ada penyebab, tak ada obat. Kondisi ini bisa menyerang usia berapa saja. Sejauh ini, Sofyan mengaku telah mengoperasi 75 penderita HFS. Usia mereka 23-72 tahun. 

Tidak semua kedutan berakhir dengan spasme. Tapi, jika kedutan terjadi terus-menerus dan makin progresif (kedutan menurun ke pipi dan bibir), itu mungkin gejala HFS. Bila makin berat, kondisi ini bisa menganggu penglihatan.

HFS bisa membuat wajah seseorang merot akibat pembuluh darah yang menekan saraf ketujuh di dalam otak, tepatnya pada saraf facialis atau motorik wajah. Penderita HFS akan mengalami kejang-kejang di sekitar mata, pipi, dan bibir tanpa bisa ia kendalikan.

Masih menurut Sofyan, sebagian besar HFS bersifat spontan. Tapi, stress, cemas, dan kelelahan bisa membuat gejala kejang spontan ini lebih sering terjadi. Penderita HFS memiliki saraf dan pembuluh darah normal. Karena itu, pengobatannya hanya melalui jalan operasi.

“HFS ini tidak ada stadiumnya. Tapi, makin cepat dioperasi akan makin baik. Risikonya lebih kecil,” terang Sofyan dalam gathering penderita dan eks penderita HFS di Hotel JW Marriott, Sabtu (18/10).

Dengan operasi, lanjut Sofyan, pasien bisa sembuh seperti sedia kala. Operasi biasanya dilakukan dengan membuat sayatan minim (1,2 cm) di belakang telinga. “Dengan teknologi microsurgery, operasi terhadap HFS menjadi lebih mudah dilakukan dengan risiko kecil,” tambahnya. 

Pria berkaca mata itu mengatakan, operasi bisa berlangsung 2-3 jam. Persiapannya sama dengan operasi lain. Asal tidak ada gangguan perdarahan dan gangguan organ dalam lain, operasi bisa segera dilakukan. “Pada 2003, operasi HFS bisa berlangsung 4,5 jam,” cetusnya Setelah dioperasi, masih ada kemungkinan HFS kambuh. Tapi, tingkat kekambuhan biasanya berkaitan dengan kondisi saat dioperasi.

Tapi, operasi tidak bisa dilakukan bila pasien menderita sakit jantung, ginjal, atau paru-paru parah. “Dalam operasi ini akan dilakukan pembiusan. Penderita tiga penyakit itu biasanya tidak tahan bius dosis tinggi,” tuturnya.

Ditanya biaya operasi, Sofyan mengatakan cukup mahal. Namun, dibandingkan di negara lain seperti Jepang atau Singapura, biaya operasi HFS di Indonesia lebih murah. “Hampir semua penderita pernah operasi di Jepang atau Singapura. Di Jepang, biaya operasinya Rp 500 juta. Di Singapura Rp 250 juta. Di Indonesia, Rp 60 juta sudah VIP,” tuturnya. (dio/soe)

http://jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=30539

About these ads
Posted in syaraf. 5 Comments »

5 Responses to “HFS, Tak Ada Obatnya, Bisa Disembuh”

  1. Caroline Says:

    Hallo, mama saya baru aja kedut2 di bagian pipi dekat dengan garis senyum, dan itu terjadi terus menerus… sudah 1 jam saya melihat berkedut terus.. apakah ini gejala HFS… Perlu diketahui mama saya 8 bulan yll baru saja menjalani operasi alat pacu jantung… apa mungkin konslet gara2 alat pacunya?
    Tq for helping me…

  2. Komunitas Hemifacial Spasm Indonesia Says:

    [...] HFS, Tak Ada Obatnya, Bisa Disembuh « Anda ingin Sakit ? [...]

  3. yahya Says:

    dh
    mhn alamat praktek Dr. Sofyanto di Jakarta
    tksh

    Wassalam

    Yahya

  4. hfsindonesia.org Says:

    [...] HFS, Tak Ada Obatnya, Bisa Disembuh « Anda ingin Sakit? [...]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Terbaru dari Pinginsehat.Info

  • RSS Top Movies

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: