Tips selama kehamilan

Tips yang dapat berguna untuk ibu hamil pada trimester 1

Untuk mencegah mual – muntah di pagi hari :

  • Makanlah sedikit demi sedikit tetapi dengan frekuensi yang lebih sering. Usahakan jangan tidak makan atau mengemil selama lebih dari 4 jam. Lebih baik jika makan makanan kecil setiap 2 jam
  • Saat baru bangun tidur, cobalah untuk turun dari tempat tidur perlahan – lahan dengan gerakan yang tidak terlalu tergesa – gesa
  • Sediakan cemilan atau biskuit di sebelah tempat tidur dan cobalah makan sedikit biskuit setelah bangun tidur
  • Hindari makan dalam porsi yang besar
  • Beristirahatlah sebanyak mungkin karena rasa lelah dapat membuat mual semakin parah
  • Hindarilah makanan dan aroma yang tajam dan membuat mual
  • Biasanya menghirup udara yang bersih atau berbau jeruk lemon dapat membuat tubuh terasa lebih segar
  • Gunakanlah baju yang longgar agar tidak menekan bagian perut

Semasa hamil, terlebih lagi pada trimester 2 dan 3, ibu akan cepat merasa sakit mag.

Lakukan tips – tips berikut agar bisa mengurangi gejalanya :

  • Gunakan sebuah bantal yang dijepit di kedua lutut, untuk mengurangi tekanan pada pinggul dan lutut
  • Kurangi konsumsi air pada malam hari (tetapi tidak untuk siang hari), dan kurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan sakit mag
  • Makanlah sedikit demi sedikit tapi sering
  • Perbanyak minum susu, karena selain dapat mengurangi asam lambung, kalsium susu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil
  • Setelah makan, cobalah untuk makan makanan kecil atau snack
  • Sediakan permen rasa mint untuk mengurangi rasa mual akibat sakit mag

Trimester 3, semakin dekat masa kelahiran si buah hati namun ibu akan semakin tidak nyaman. Cobalah tips – tips berikut :

  • Gunakanlah sandal atau sepatu tanpa hak agar kaki tidak sakit
  • Jika ibu mengalami sakit pinggang, gunakan kompres air hangat untuk bagian tubuh yang sakit
  • Jika ibu mengalami kram, olahraga ringan dapat membantu mengurangi. Lakukanlah olahraga ringan yang teratur seperti berenang, atau berjalan – jalan di pagi hari. Selain itu jika berbaring, coba letakkan kaki di atas bantal agar posisinya lebih tinggi dari kepala
  • Lakukan posisi tidur menyamping
  • Banyak – banyaklah melakukan relaksasi agar jiwa dan perasaan ibu tenang sambil menunggu hari kelahiran
  • Sering – seringlah mendengarkan musik yang menenangkan, karena janin sudah dapat mendengar dan akan ikut merasa tenang dengan senandung musik yang menenangkan
  • Selalu meminta agar dokter kandungan melakukan USG tiap kali berkunjung

http://www.hypno-birthing.web.id/?page_id=17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Terbaru dari Pinginsehat.Info

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Top Movies

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • %d bloggers like this: