Bila gigi cekot-cekot

Sakit gigi cenut-cenut ini datangnya tiba2 bisa di sebabkan karena makanan yang nyelonong kedalam lubang gigi anda dan menekan syaraf, bisa juga di sebabkan tambalan yang lepas. Yang sering terjadi adalah pulpitis yaitu radang atau infeksi pada kamar pulpa, periodontitis (radang pada jaringan periodontal pendukung gigi) dan abses gigi (infeksi pada akar gigi yang menyebar ke jaringan lunak dan membentuk pus/ nanah)

Pada keadaan pulpitis gejalanya biasanya sakitnya seiring dengan denyut nadi, gigi sensitive dan bertambah sakit ketika minum air dingin.

Yang harus anda lakukan bila nyut-nyutan terjadi adalah :

1. Berikan obat penahan sakit yang biasanya dikonsumsi bisa dari golongan acetaminophen, seperti paracetamol, sanmol, tempra dsb, bisa juga golongan asam mefenamat seperti ponstan, mefentan dsb

2. Bila ada minyak cengkih bisa di masukan kedalam lubang yang telah di bersihkan dari sisa makanan dengan menggunakan kapas kecil, minyak cengkih berfungi meredakan radang yang terjadi di kamar pulpa dan sebagai anestesi lokal.

3. Bila membersihkan makanan yg nyelonong atau stuck di dalam lubang atau sela2 gigi sulit bisa menggunakan spuit yang di isi air garam dan di semprotkan di lubang tersebut atau bisa juga menggunakan dental floss, jangan gunakan peniti atau benda2 tajam lainnya.

4. Berkumur dengan air garam hangat membantu karena air garam bersifat isotonis sehingga dapat menarik cairan jaringan yang menekan syaraf. (1 sendok teh garam untuk satu gelas)

5. Kompres es di sekitar area wajah sisi yang sakit juga bisa sedikit membantu menghilangkan rasa sakit

6. Bila anda ingin berpergian dengan pesawat terbang sebaiknya gigi yang bolong ini di bereskan dulu, karena perubahan tekanan udara dapat menyebakan sakit sekali

tambahan: Cari seekor bekicot, kemudian ambil lendirnya pakai kapas atau cottonbut kemudian berikan pada gigi yang berlubang atau yang sakit.Ini sangat manjur,karena rasanya yang dingin sehingga tambah nyes di hati.

Pada keadaan yang lebih kompleks bila infeksi tersebut sudah menyebabkan abses atau pembengkakan di mukosa mulut dan wajah, maka perawatan diatas tersebut tidak cukup adekuat. Diperlukan perawatan menggunakan antibiotik untuk membantu tubuh mengalahkan bakteri yang telah menyebar, anda sebaiknya menghubungi rumah sakit terdekat karena abses bisa menyebar menjadi celulitis dan sepsis (tersebarnya bakteri dan racunnya keseluruh tubuh) yang bisa menyebabkan kematian

* http://senyumsehat.wordpress.com/2007/10/06/tips-bila-gigi-cekot-cekot/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Terbaru dari Pinginsehat.Info

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Top Movies

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • %d bloggers like this: