Tips Sederhana Meredakan Nyeri Migrain

Definisi paling awam dari migren adalah sakit kepala sebelah. Ada rasa berdenyut-denyut di sekitar pelipis, dahi, atau mata. Rasa nyeri ini kemudian mempengaruhi kondisi tubuh yang lain, seperti mual, wajah menjadi sembab, penglihatan kabur, tangan dan kaki terasa dingin. Meski sebenarnya sakit kepala tidak selalu berarti migrain. Tak jarang sakit kepala sebelah merupakan gejala dari penyakit atau kelainan. Misal: radang sinus, sakit gigi, atau bahkan sakit lambung. Mereka yang menggunakan kacamata biasanya terserang sakit kepala sebelah bila sudah tiba saatnya mengganti kacamata.

Penyebab migrain belum diketahui secara persis. Namun catatan kedokteran menunjukkan bahwa migrain dapat diderita oleh semua usia. Wanita lebih sering terkena migrain dibanding pria. Dan, separuh kasus migrain mempunyai riwayat keluarga migrain.

Migrain biasanya menyerang di waktu pagi hari. Padahal jam-jam tersebut adalah jam-jam produktif kita bekerja. Tentu migrain sangat menganggu produktivitas. Bukan hanya karena rasa nyeri yang sangat kuat itu membuat tak bisa bekerja dengan baik, penderita biasanya mengalami gangguan emosi. Misal, menjadi gelisah, mudah marah, depresi. Oleh karena itu langkah terbaik untuk menangani penderitaan akibat migrain ini adalah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat yang tepat. Namun demikian, tetap ada beberapa tips sederhana untuk meredakan nyeri migrain ini.

Beristirahatlah.

Penderita migrain biasanya peka terhadap cahaya. Oleh karena itu untuk meredakan rasa nyeri ini, penderita disarankan untuk beristirahat di tempat yang gelap dan tenang. Jauhilah sumber-sumber keramaian dan tempat bercahaya terang. Tenangkan diri dengan sebaik-baiknya dan cobalah untuk tidur.

Kompres kepala dengan es/air dingin.

Coba redakan rasa nyeri itu dengan mengompres bagian yang sakit dengan es atau air dingin. Dingin bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

Jauhi sumber-sumber penyebab migrain.

Ada beberapa zat yanng dapat memicu migrain, seperti caffein, alkohol. Jika migrain disebabkan oleh alergi, jauhi sumber alergi, misal, coklat, susu, keju, dan monosodium glutamat (MSG) dalam vetsin. Kurangi minum kopi atau teh. Adakalanya sedikit cafein/kopi dapat meredakan migrain. Namun lebih dari secangkir kopi akan menambah rasa nyeri migrain. Selain itu, jauhi juga cologne dan bau-bauan yang menyengat karena dapat memperparah migrain.

Hangatkan bagian leher.

Berikan kerileksan pada leher. Leher biasanya adalah bagian tubuh yang bekerja berat menopang kepala. Kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit kepala. Saat beristirahat, coba hangatkan leher anda. Atau, beri sedikit pijatan lembut.

Minum obat pereda sakit.

Ada banyak obat pereda sakit berupa analgesik dan antipiretik. Aspirin biasanya menjadi pilihan banyak orang. Namun, jangan sembarang minum obat. Yang terbaik adalah obat yang dianjurkan oleh dokter anda.

* http://www.mail-archive.com/milis-nova@news.gramedia-majalah.com/msg00417.html

Posted in migrain. 1 Comment »

One Response to “Tips Sederhana Meredakan Nyeri Migrain”

  1. Anonymous Says:

    keramas ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS Terbaru dari Pinginsehat.Info

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Top Movies

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • %d bloggers like this: